International Business Chapter 3 – Politics and Law – Summary

Sistem Politik

Sebuah sistem politik terdiri dari struktur, proses, dan kegiatan dimana suatu bangsa mengatur dirinya sendiri. Dalam sistem demokrasi, pemimpin yang dipilih langsung oleh partisipasi yang luas dari rakyat atau wakil rakyat. Kebanyakan demokrasi mengambil bentuk demokrasi perwakilan, di mana warga negara mencalonkan individu dari kelompok mereka untuk mewakili mereka.

Dalam sistem totaliter, individu memerintah tanpa dukungan rakyat, mempertahankan kontrol atas sebagian besar aspek kehidupan masyarakat, dan tidak mentolerir menentang sudut pandang. Di bawah totalitarianisme teokratis, negara pemimpin agama menegakkan hukum dan peraturan berdasarkan keyakinan agama dan totaliter. Di bawah totalitarianisme sekuler, pemimpin politik mengandalkan kekuatan militer dan birokrasi.

Totalitarianisme sekuler mengambil tiga bentuk. Di bawah totalitarianisme komunis, pemerintah bertujuan untuk kesetaraan sosial dengan membersihkan aktivitas ekonomi. Di bawah totalitarianisme suku, satu suku memaksakan kehendaknya pada orang lain di negara ini. Kanan-sayap totalitarianisme adalah ekonomi kapitalis tanpa kebebasan politik.

Manajer dapat mengurangi efek dari risiko politik.

Risiko politik adalah kemungkinan bahwa pemerintah atau masyarakat akan mengalami perubahan politik yang berpengaruh negatif terhadap kegiatan usaha.

Risiko politik timbul dari:

  • korup atau miskin kepemimpinan politik
  • sering perubahan bentuk pemerintahan
  • politik keterlibatan pemimpin agama atau militer
  • stabil sistem politik
  • konflik antar ras, agama, atau kelompok etnis
  • miskin hubungan dengan negara-negara lain

Risiko makro mengancam semua perusahaan di negara yang terlepas dari industri. Risiko mikro mengancam perusahaan dalam industri tertentu atau kelompok-kelompok yang lebih kecil.

Ada lima bentuk utama dari risiko politik:

  1. konflik dan kekerasan
  2. terorisme dan penculikan
  3. properti kejang
  4. perubahan kebijakan
  5. lokal konten persyaratan

Properti kejang – pengambilan aset perusahaan oleh pemerintah daerah – dapat mengambil salah satu dari tiga bentuk

  1. penyitaan
  2. perampasan
  3. nasionalisme

Strategi utama yang digunakan untuk mengelola risiko politik adalah:

  • adaptasi – resiko memasukkan ke dalam strategi bisnis
  • pengumpulan informasi – pemantauan peristiwa politik lokal
  • pengaruh politik – seperti melobi para pemimpin politik lokal

Sistem Hukum

sistem hukum adalah negara yang ditetapkan undang-undang dan peraturan, termasuk proses di mana hukum-hukumnya yang berlaku dan diberlakukan dalam cara di mana pengadilan yang memegang pihak bertanggung jawab atas tindakan mereka. Ada tiga kategori dari sistem hukum. Di bawah hukum umum, sistem peradilan memutuskan kasus dengan menafsirkan hukum dengan dasar tradisi, penggunaan preseden, dan. Hukum perdata yang didasarkan pada seperangkat rinci aturan tertulis dan ketetapan yang merupakan kode hukum. Semua kewajiban, tanggung jawab, dan hak mengikuti langsung dari kode yang ditulis. Hukum teokratis didasarkan pada ajaran agama.

Perusahaan nasional menghadapi masalah hukum dan etika

meskipun tidak ada tubuh yang jelas dari hukum internasional, beberapa upaya yang dilakukan untuk mencapai standarisasi – keseragaman dalam menafsirkan dan menerapkan hukum dan lebih dari satu negara.

Masalah hukum yang dihadapi bisnis Kepala internasional adalah:

  • perlindungan hak milik
  • perlindungan kekayaan intelektual
  • kewajiban produk standar
  • kebijakan perpajakan
  • antitrust peraturan
  • etika dilema dan tanggung jawab sosial

Hubungan Internasional

Hubungan politik antara negara asal perusahaan dan orang-orang dengan yang melakukan bisnis sangat mempengaruhi kegiatan internasional. Secara umum, hubungan politik yang menguntungkan menyebabkan peluang peningkatan dan lingkungan bisnis yang stabil. Misi Perserikatan Bangsa-Bangsa adalah untuk memberikan kepemimpinan dan upaya menciptakan perdamaian dan stabilitas di seluruh dunia. Meskipun upaya global penjaga perdamaian telah memiliki hasil yang beragam, itu banyak lembaga terus membantu negara-negara miskin dengan menyediakan makanan dan obat-obatan, perlengkapan pendidikan dan pelatihan, dan sumber daya keuangan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: