Bab 8. Perencanaan Pasar Strategik

Diversifikasi antara pasar-produk memiliki dua keuntungan bagi keseluruhan kinerja sebuah bisnis. Pertama mengurangi ketergantungan pada satu pasar produk. Kedua, dapat memuluskan kinerja perusahaan dengan menciptakan kondisi persaingan dan siklus produk dalam pasar produk yang berbeda.

Diversifikasi produk memiliki satu tingkatan diversifikasi. Pada kenyataannya, semakin rendah ketergantungan bisnis pada produk tunggal maka makin sedikit kepekaannya terhadap perubahan utama pada kinerja. Diversifikasi pasar memberikan cara lain untuk mencapai pertumbuhan dan mengurangi risiko. Setiap pasar produk dalam perkembangannya bisa jadi mengalami masa resesi, tapi tidak semua pasar akan mengalami kondisi yang sama dalam waktu yang bersamaan. Pada saat yang bersamaan, pasar produk yang berbeda memiliki dampak pada kondisi ekonomi dan siklus produk, yaitu dapat mempengaruhi kondisi ekonomi dan siklus produk yang mengurangi keragaman kinerja bisnis.

Tiap pasar produk berpengaruh pada kinerja bisnis pada jangka pendek dan jangka panjang. Beberapa pasar produk akan memperoleh investasi tambahan untuk mengembangkan dan mempertahankan posisi penting strategi pasar, tetapi semua tergantung pada posisi dan kinerja sekarang dan masa yang akan datang. Rencana strategi pasar dibutuhkan untuk menggambarkan posisi saham yang akan datang, pertumbuhan penjualan, dan kinerja keuntungan karena sumber daya dari perusahaan terbatas.

Keaktraktifan (daya tarik) dan keunggulan kompetitif masing-masing pasar-produk dapat berubah, hal tersebut dapat memperluas hasil dari kinerja. Sasaran utama dari perencanaan strategi pasar adalah untuk menciptakan arahan strategis dan menentukan sasaran untuk berbagai pasar produk yang dapat mempengaruhi tiga area kritis dari kinerja bisnis yang meliputi posisi saham, pertumbuhan penjualan, dan kinerja keuntungan. Perencanaan stategi pasar untuk berbagai pasar produk ditujukan untuk memproduksi hasil kinerja bisni dalam ketiga area bisnis.

Tujuan utama dari rencana strategi pasar adalah untuk menyediakan arahan strategis yang mengatur sasaran kinerja dan mengarahkan pengembangan strategi taktis bauran pemasaran. Ini merupakan langkah penting dalam proses perencanaan strategi pasar karena membutuhkan penilaian kemampuan pasar secara hati-hati. Langkah ini menjadikan sebuah perusahaan dapat membandingkan keaktraktifan relatif dari pasar-produk yang berbeda dengan menggunakan kriteria keaktraktifan yang umum.

Dapatkan materi Manajemen Pemasaran Bab 8 ini dalam bentuk Ms. Powerpoint disini, atau untuk lebih lengkapnya dapat menghubungi lewat email: sefriton.polije@gmail.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: