Bauran Pemasaran atau Marketing Mix

Pada tanggal 1 November 2012 pukul 18.30 hingga 22.00 WIB, kelas EK10 MB-IPB Doel Mode Politeknik Negeri Jember mengadakan kuliah Manajemen Pemasaran yang diasuh oleh bapak Prof. Dr. Ir. Ujang Sumarwan, M.Sc. Pada kesempatan tersebut, beliau memberikan tugas kepada mahasiswa untuk mengupload kedalam blog MB masing-masing suatu penjelasan singkat mengenai topik apa yang dianggap menarik pada perkuliahan tersebut.

Pada kuliah itu, bapak Prof. Ujang memberikan gambaran besar konsep bauran pemasaran atau istilah kerennya “marketing mix”.  Marketing mix terdiri dari:

  1. Product (produk) adalah sesuatu yang dapat ditawarkan pada suatu pasar untuk dapat dimiliki, digunakan, ataupun dikonsumsi, yang bisa memuaskan keinginan atau kebutuhan. Dapat berupa barang, jasa, pengalaman, ide, peristiwa, orang, tempat, properti, organisasi, dan informasi.
  2. Price (harga) berupa sejumlah uang yang dibayarkan konsumen untuk membeli produk. Harga dapat digunakan untuk meraih hati konsumen, karena melalui potongan harga seperti diskon, konsumen mendapat “insentif”.
  3. Place (tempat) disebut juga dengan saluran distribusi, yaitu kegiatan perusahaan agar produknya sampai ke konsumen sasaran.
  4. Promotion (promosi) merupakan kegiatan perusahaan dalam memperkenalkan dan menyampaikan  produk beserta nilainya kepada konsumen. Promosi dapat dilakukan dengan mengadakan  promosi penjualan maupun iklan di media cetak maupun media elektronik.

Keempat variebel itu biasa disingkat dengan 4P. Selain 4P, ternyata ada lagi 3P tambahan. Umumnya 3P untuk pemasaran berupa jasa.

  1. People, dalam memasarkan jasa, menjadi penting untuk melakukan customer contact atau interaksi dengan pelanggan.
  2. Process, yaitu bagaimana pelanggan mendapatkan layanan. Hal ini terkait waktu, kecepatan, dan ketepatan layanan.
  3. Physical evidence, berupa bukti berwujud contohnya penggunaan akreditasi dan sertifikasi.

Prof. Ujang menulis beberapa buku dan menyarankan untuk membaca Buku Hitam dan Buku Merah yang akan membantu yang ingin memahami lebih lanjut tentang Manajemen Pemasaran.

Lecture Notes based on book by Ujang Sumarwan, Agus Djunaidi, Aviliani, H.C Royke Singgih, Jusup Agus Sayino, Rico R. Budidarmo, Sofyan Rambe. 2009. Pemasaran Strategik : Strategis untuk Pertumbuhan Perusahaan dalam Penciptaan Nilai bagi Pemegang Saham. Jakarta. Inti Prima.

Pemasaran Prof. Ujang

http://ujangsumarwan.blog.mb.ipb.ac.id/

Sumarwan, U., Achmad Fachrodji., Adman Nursal., Arissetyanto Nugroho., Erry Ricardo Nurzal., Ign Anung Setiadi., Suharyono., Zeffry Alamsyah. Cetakan ke 2. 2011. Pemasaran Strategik: Persfektif Value-Based Marketing dan Pengukuran Kinerja. Bogor, IPB Press.

Pemasaran Strategi Buku Merah

Demikian ulasan singkat tentang kuliah pertama bersama Prof. Dr. Ir. Ujang Sumarwan, M.Sc. Kiranya posting ini memberikan manfaat bagi yang baca.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: